7 Smartphone kamera 8K terbaik untuk rekam video 2020

Kamera 8K terbaik untuk rekam video 2020

Resolusi 4K sebenarnya sudah sangat tajam, tetapi resolusi 8K jauh lebih tajam lagi. Kini telah ada Smartphone kamera resolusi 8K yang bisa anda beli.

 

Ponsel dengan kamera 8K mampu menghasilkan resolusi ultra tinggi. Jika anda merekam menggunakan kamera ponsel ini, maka hasilnya bisa diputar di UHDTV atau Televisi resolusi ultra tinggi dengan hasil gambar yang sangat tajam.

 

Ketajaman gambarnya empat kali lipat lebih tajam dari resolusi 4K atau enam belas kali lipat lebih tajam dari resolusi FullHD.

 

Meskipun sampai saat ini (2020) masih sedikit produsen yang baru memberikan dukungan 8K. Tetapi dapat dipastikan jika berbagai perangkat seperti monitor PC, TV, layar kamera, dll akan disematkan resolusi 8K yang akan mendominasi pasar.

 

Jadi sama sekali tidak ada salahnya jika anda berkeinginan untuk membeli Smartphone kamera 8K sekarang juga.

 

Nah, berikut ini beberapa pilihan yang sudah tersedia di pasaran ponsel dengan kemampuan merekam video 8K.

 

7 Smartphone kamera 8K terbaik untuk rekam video 2020

 

1. Samsung Galaxy S20

 

Bisa dibilang Samsung merupakan perusahaan teknologi yang selalu bergerak cepat agar bisa menjadi yang terdepan. Disaat yang lain masih sibuk dengan resolusi 4K, Samsung sudah lebih dulu merilis produk TV resolusi 8K.

 

Sebut saja produk TV 8K buatan Samsung yaitu Q900R QLED yang menjadikan TV dengan layar resolusi 8K pertama di dunia.

 

Seakan belum puas, di tahun 2020 ini Samsung juga "menghajar" kompetitornya dengan meluncurkan ponsel teranyar buatannya yaitu Galaxy S20.

 

Ditujukan untuk kelas high end Samsung Galaxy S20 merupakan ponsel berbasis Android yang memiliki kamera resolusi tinggi.

 

Ponsel cerdas ini dibekali tiga kamera belakang yang masing-masing 12 MP, 64 MP, dan 12 MP yang mampu merekam video dengan kualitas 8K.

 

Samsung Galaxy S20 menggunakan dapur pacu yang sangat mumpuni yaitu chipset Exynos 990 prosesor Octa-core. Untuk kapasitas RAM juga sangat luas yaitu 8GB yang pastinya lebih dari cukup untuk bisa menjalankan berbagai aplikasi berat saat ini dengan lancar.

 

Dan seperti kita ketahui bahwa untuk bisa merekam video 8K dengan lancar dibutuhkan kapasitas penyimpanan yang luas. Galaxy S20 memiliki memori internal 128 GB dan sudah bertipe UFS 3.0 , jadi bisa kita pastikan bahwa kemampuan kecepatan transfer yang sangat tinggi akan terhindar dari lag Ketika digunakan untuk data besar.

 

Selain memori internal, kabar baiknya lagi Samsung juga menyediakan slot microSD sebagai memori tambahan jika seandainya masih membutuhkan kapasitas yang lebih besar lagi.

 

2. Samsung Galaxy S20 Plus

 

Disaat yang bersamaan saat peluncuran ponsel high end Galaxy S20 bulan maret 2020 lalu, Samsung juga memberikan varian S20 yang memiliki spesifikasi lebih tinggi lagi.

 

Smartphone yang diberi nama Galaxy S20 Plus ini mempunyai kapasitas baterai dan jumlah kamera yang lebih banyak dibandingkan saudaranya yaitu Galaxy S20.

 

Samsung Galaxy S20 Plus dengan kapasitas baterai jumbo yaitu 4500 mAh, lebih tinggi 500 mAh jika dibandingkan Galaxy S20 yang hanya 4000 mAh.

 

Jika pada Galaxy S20 memiliki tiga kamera belakang, maka pada Samsung Galaxy S20 Plus memiliki empat kamera belakang. Masing-masing kamera yaitu 12 MP, 64 MP, 12 MP, dan 0.3 MP untuk depth sensor.

 

Sedangkan untuk dapur pacu yang digunakan masih sama dengan saudaranya yaitu chipset Exynos 990 prosesor Octa-core dan OS bawaan Android 10, One UI 2.

 

3. Samsung Galaxy S20 Ultra

 

Masih dari Samsung, kali ini Galaxy S20 Ultra yaitu Smartphone kamera 8K kasta tertinggi dibanding S20 lainnya.

 

Sebelum kita membahas bagian dalamnya, dari penampilannya sudah dapat terlihat bedanya. Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki tampilan layar yang lebih luas yaitu 6,9 inci. Lebih luas dibandingkan Galaxy S20 plus yang memiliki layar 6,7 inci dan Galaxy S20 biasa yang hanya 6,2 inci.

 

Selain layar, perbedaan lain dapat ditemukan pada kapasitas baterai yang jauh lebih besar yaitu 5000 mAh. Karena menggunakan chipset dan prosesor yang sama dengan S20 lainnya, maka bisa dipastikan kalau Galaxy S20 Ultra memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding S20 lainnya.

 

Dan yang lebih menarik lagi, pada Galaxy S20 ultra telah dibekali empat kamera belakang dengan resolusi yang lebih tinggi lagi.

 

Masing-masing kamera belakang Galaxy S20 ultra memiiki spesifikasi 108 MP, 48 MP, 12 MP,  0.3 MP. Mengambil foto maupun merekam video dengan kamera ponsel Galaxy S20 Ultra dapat menghasilkan visual yang terbaik setidaknya untuk saat ini.

 

4. Xiaomi Mi 10

 

Dari Samsung sekarang kita pindah ke Xiaomi dengan produk ponsel yang sudah memiliki kemampuan kamera untuk merekam video 8K.

 

Xiaomi Mi 10 adalah smartphone terbaru buatan Xiaomi di tahun 2020 ini yang menawarkan spesifikasi tinggi dan banyak fitur menarik.

 

Ada empat kamera belakang yang dimiliki ponsel Xiaomi Mi 10 yang masing-masing memiliki resolusi 108 MP, 13 MP, 2 MP, 2 MP. Untuk urusan merekam video, Xiaomi Mi 10 sudah pasti mampu merekam video 8K dengan sangat baik.

 

Jika kita bandingkan dengan S20 yang dimiliki Samsung, Xiaomi Mi 10 menawarkan FPS yang lebih tinggi saat mode merekam video resolusi 8K. Pada S20, Samsung hanya mengklaim akan mendapat sekitar 24 FPS saat merekam mode 8K, sedangkan Xiaomi Mi 10 mampu menghasilkan hingga 30 FPS.

 

5. Xiaomi Mi 10 Pro

 

Sesuai dengan namanya yaitu Pro yang berarti memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan saudara kembarnya.

 

Xiaomi Mi 10 Pro menawarkan kapasitas penyimpanan internal yang lebih besar yaitu hingga 512 GB dengan kapasitas RAM hingga 12 GB.

 

Keunggulan lain yang dimiliki Mi 10 Pro yaitu terletak pada fitur fast charging 50 Watt. Pengisian tentu akan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Mi 10 biasa yang hanya 30 watt.

 

6. Nubia Red Magic 5G

 

Sejak didirikan tahun 2015 lalu, Nubia sebagai perusahaan teknologi asal Tiongkok ini mampu menciptakan produk ponsel yang dapat membuat banyak orang menyukainya.

 

Nubia Red Magic 5G belum lama ini diluncurkan pada bulan maret 2020 lalu dan mempunyai spesifikasi tinggi yang mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

 

Dengan dibekali tiga kamera belakang, Red Magic 5G sudah mampu merekam video dengan resolusi ultra 8K. Masing-masing kamera belakang yang dimiliki ponsel Nubia ini yaitu 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro).

 

Untuk mengambil foto dengan menggunakan kamera ini sudah pasti bagus hasilnya, dan untuk merekam video pada kamera Red Magic 5G juga sudah mendukung resolusi 8K.

 

Namun sayangnya FPS yang dihasilkan terbilang minim, yaitu hanya 15 FPS saja. Sehingga jika merekam objek yang bergerak cepat dengan kamera ponsel ini akan sedikit blur karena FPS yang dihasilkan rendah.

 

7. LG V60 ThinQ 5G

 

Rekomendasi Smartphone kamera 8K yang bisa anda beli di tahun 2020 berikutnya adalah LG V60 ThinQ 5G. Ponsel ini bisa dibilang menjadi andalan LG untuk mendongkrak penjualannya di tahun 2020 ini.

 

Kamera belakangnya mampu merekam resolusi 8K 30 FPS. Dan jika anda ingin mendapatkan FPS lebih tinggi lagi terutama saat merekam objek yang bergerak cepat, maka solusi terbaik yaitu dengan menurunkan resolusi ke 4K atau lebih bawah lagi.

 

Hal menarik lainnya yang menjadi keunggulan LG V60 dapat ditemukan pada kapasitas baterai jumbo yaitu 5000 mAh.


Tidak ada komentar untuk "7 Smartphone kamera 8K terbaik untuk rekam video 2020"