10 Aplikasi kamera Android yang bagus untuk fotografi

Meskipun kamera ponsel memiliki resolusi tinggi nyatanya tidak semua ponsel dibekali banyak fitur. Dengan hadirnya aplikasi kamera Android yang bagus, pengguna bisa meningkatkan hasil foto.

 

Fitur yang terbatas kebanyakan ditemukan pada ponsel murah di harga satu jutaan rupiah atau bahkan dua jutaan keatas. Meskipun kamera utamanya sudah menggunakan resolusi yang mencukupi katakan saja 13 MP atau lebih, tetapi fitur yang diberikan sangat minim, sehingga hasil gambar menjadi kurang maksimal.

 

Hal ini sama saja memiliki perangkat yang cukup mumpuni namun performa nya kurang maksimal akibat software yang kurang canggih.

 

Aplikasi kamera Android buatan pihak ketiga menawarkan banyak fitur menarik yang pastinya cocok untuk membantu keperluan fotografi.

 

10 Aplikasi kamera Android yang bagus untuk fotografi

 

1. Google Camera

 

Google Camera merupakan aplikasi kamera android resmi buatan Google yang menawarkan fitur berlimpah untuk keperluan fotografi di berbagai kondisi.

 

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini caranya cukup mudah, anda tinggal buka play store dan ketikan kata kunci Google Camera.

 

Terdapat banyak fitur yang cukup membantu dalam rutinitas pengambilan foto pada umumnya. Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi Google Camera antara lain fitur HDR+, Night Mode, Google Lens Backup,  lens blur, slow motion dll.

 

Google memberikannya secara gratis untuk pengguna smartphone Android, namun sayangnya aplikasi ini hanya kompatibel untuk pengguna Android versi 10 keatas saja. (Sampai artikel ini dibuat)

 

2. A Better Camera

 

Sesuai namanya, A Better Camera merupakan nama aplikasi kamera Android yang menawarkan fitur-fitur kuat untuk menghasilkan gambar terbaik.

 

Dengan rating yang cukup tinggi di play store yaitu bintang empat dan sudah di unduh lebih dari lima juta pengguna membuat aplikasi ini layak anda coba.

 

A Better Camera menawarkan beberapa fitur seperti panorama 360 derajat, mode malam, HDR, serta beberapa fitur tambahan yang bisa anda dapatkan jika memilih yang versi PRO.

 

3. Adobe Lightroom

 

Perusahaan perangkat lunak raksasa Adobe juga tak mau ketinggalan untuk membuat aplikasi kamera yang menawarkan fitur melimpah.

 

Meskipun secara teknis Adobe Lightroom lebih ke editor foto, namun aplikasi buatan Adobe ini juga dilengkapi dengan aplikasi kamera bawaan.

 

Adobe Lightroom merupakan aplikasi editor foto terbaik untuk ponsel android. Anda bisa menggunakan aplikasi kamera yang disediakan lalu kemudian melakukan pengeditan cepat.

 

Anda bisa melakukan pengeditan melalui aplikasi penyunting foto ini agar mendapatkan hasil foto yang menakjubkan.

 

4. Bacon Camera

 

Dengan bantuan aplikasi ini anda bisa merasakan kamera ponsel yang dioptimalkan layaknya kamera DSLR. Bacon Camera mendukung fitur-fitur penting seperti fitur Full Manual Focus, Full Manual White Balance, Semi-Manual ISO speed dan masih banyak lagi.

 

Dengan fitur yang melimpah namun sayangnya tidak semua smartphone android kompatibel dengan aplikasi kamera keren yang satu ini.

 

Secara resmi developer Bacon Camera telah menguji dan telah berjalan lancar pada perangkat seperti OnePlus One, LG G3, OnePlus 3, Xiaomi Mi 6, Oppo Find 7, dan ZTE Blade S6.

 

Dengan lebih dari satu juta pengguna aktif, Bacon camera akan terus di tingkatkan performa-nya baik kompatibilitas maupun fitur yang tersedia.

 

5. Camera MX

 

Camera MX tersedia versi gratis dan berbayar, jika anda seorang fotografer maniak atau aktif menggunakan kamera ponsel android maka tidak ada salah nya untuk mencoba aplikasi keren ini.

 

Dengan lebih dari sepuluh juta pengguna aktif ponsel Android, Camera MX mendapatkan rating yang cukup tinggi di play store.

 

Ada begitu banyak fitur pengambilan gambar yang bisa anda pilih untuk meningkatkan kualitas foto. Dengan aplikasi ini, anda bisa menjalankan fitur seperti Zoom kamera, lock focus, mengubah nilai terang gelap pada foto dan masih banyak lagi.

 

Salah satu fitur yang tidak kalah menarik pada Camera MX yaitu adanya fitur penunda waktu pengambilan gambar. Hal ini tentu sangat berguna sekali saat anda dan keluarga atau teman banyak ingin melakukan foto bersama.

 

6. Cymera

 

Cymera merupakan aplikasi kamera Android yang menawarkan banyak fitur menarik seperti mode kamera kecantikan. Sebuah fitur yang pastinya sangat berguna sekali tidak hanya untuk meningkatkan kualitas foto, namun juga dapat meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri anda.

 

Selain itu masih terdapat fitur lain seperti stiker, spesial efek, dan anda juga bisa membeli barang-barang tambahan yang disediakan dalam aplikasi.

 

Dengan lebih dari seratus juta pengguna aktif, Cymera mendapatkan umpan balik yang sangat bagus dari penggunanya. Dan rating yang didapat juga tinggi, yaitu 4,6 atau mendekati bintang lima.

 

7. Filmic Pro

 

Sesuai dengan namanya yaitu "Pro" yang berarti sudah bisa kita tebak bahwa aplikasi ini tidak gratis. Dan yang lebih mengejutkan lagi harganya juga terbilang mahal untuk sebuah aplikasi kamera android.

 

Bisa dibilang Filmic Pro merupakan aplikasi kamera termahal pada di pembahasan ini. Namun karena fitur yang ditawarkan cukup menarik, maka tidak ada salahnya terutama bagi anda yang berkantong tebal.

 

 Filmic Pro menawarkan berbagai fitur unik seperti fitur dual slider untuk eksposur dan fokus, matriks penyesuaian keseimbangan hitam putih, kontrol RGB, dan masih banyak lagi.

 

8. Footej Camera

 

Footej Camera merupakan salah satu aplikasi kamera yang bisa anda dapatkan dengan gratis di play store untuk HP Android.

 

Terdapat berbagai macam kontrol manual yang disediakan khusus untuk keperluan fotografi. Aplikasi Footej Camera juga menyediakan fitur yang berguna seperti untuk merekam video, membuat GIF, histogram foto, dan mode burst.

 

Meskipun gratis, ternyata Footej Camera juga terdapat versi berbayar yang pastinya dengan fitur tambahan yang menarik. Melalui versi pro yang ditawarkan, anda akan mendapatkan Kualitas JPEG yang lebih baik dan GIF Animasi resolusi yang lebih tinggi.

 

9. Open Camera

 

Jika anda seorang fotografer yang antusias, maka aplikasi yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Open Camera merupakan aplikasi Kamera berfitur lengkap yang sepenuhnya bisa dipakai gratis !

 

Beberapa fitur keren yang bisa ditemukan pada Open Camera antara lain seperti dukungan mikrofon eksternal, timer, HDR, dan masih banyak lagi.

 

Fitur Exposure Bracketing yang dimiliki Open Camera juga dapat mengantisipasi situasi pencahayaan yang cukup rumit dengan sangat baik terutama saat pemotretan berlangsung. Anda dapat merasakan perbedaan yang lebih baik dibandingkan aplikasi kamera bawaan ponsel anda saat ini.

 

10. Pixtica

 

Pixtica merupakan aplikasi yang tergolong baru, sehingga tidak heran jika penggunanya masih sedikit. (Sampai artikel ini dibuat)

 

Aplikasi kamera android bagus yang satu ini memiliki banyak fitur menarik seperti fitur live filter, kontrol manual, kontrol eksposur, perekam GIF, mode gerak lambat, dukungan file RAW, pemindai kode QR dan masih banyak lagi.

 

Tidak hanya untuk keperluan fotografi, pengguna yang menggunakan aplikasi ini juga cocok untuk keperluan merekam video. Fitur Slow Motion nya mampu memberikan hasil video dalam gerakan lambat yang keren.


Tidak ada komentar untuk "10 Aplikasi kamera Android yang bagus untuk fotografi"